Kamis, 21 Maret 2013

Misteri Danau Tolire


Misteri Danau Tolire Gadis

Kalau berkunjung ke Ternate, Maluku Utara, sempatkan datang ke salah satu titik wisata di sana, yuk. Namanya Danau Tolire. Tempatnya yang sejuk dan terlihat hijau bisa dijadikan tempat melepas penat. Tapi, selain menyimpan keindahan yang menyegarkan mata, tempat wisata yang ada di kaki Gunung Gamalama ini juga punya beragam legenda yang bikin bulu kuduk kita berdiri, lho.
Konon, di dasar Danau Tolire ini terdapat harta karun Kesultanan Ternate saat Portugis menjajah pada abad ke-15. Mereka berpikir, daripada hartanya jatuh ke tangan penjajah, lebih baik diceburkan ke danau. Meskipun demikian, nggak ada satu orang pun yang berani buat mencari tahu ke dasar danau tersebut. Selain memang kedalaman danaunya nggak diketahui sampai sekarang, penduduk juga takut dengan siluman buaya putih yang kabarnya, menghuni danau tersebut. Jangankan mengambil harta karun, menangkap ikan pun penduduk nggak berani.

Ada pula legenda yang menyebutkan bahwa Danau Tolire dulunya adalah sebuah desa yang makmur dan sejahtera. Alkisah, di desa tersebut terdapat seorang ayah yang menodai anaknya sendiri. Desa tersebut kemudian dikutuk sehingga tanah tempat mereka berpijak anjlok dan menjadi danau.

Terlepas dari legenda yang menyelimuti, Danau Tolire juga punya keanehan tersendiri, lho. Yaitu, permukaan danaunya nggak bisa disentuh oleh benda-benda yang dilontarkan ke sana. Banyak wisatawan yang penasaran dan mencoba melemparkan batu ke danau tersebut. Tapi sampai saat ini nggak ada satu pun yang mampu menyentuh permukaan danau. Nggak percaya? Buktikan saja sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar